Senin, 14 September 2015

Cara Sederhana Riset Kata Kunci Sebelum memutuskan Nama Domain Website

Pada artikel sebelumnya, saya telah menuliskan tentang berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan melalui jaringan internet, salah satunya adalah melalui website. Untuk memulai sebuah website, ada beberapa langkah yang terlebih dahulu harus kita jalani, salah satunya adalah untuk mencari kata kunci yang tepat bagi domain website agar menjadi google friendly. Di bawah ini saya akan membagikan satu teknik sederhana untuk riset kata kunci secara gratis. Ada banyak tools berbayar yang hasilnya mungkin lebih akurat, namun untuk pemula tidak ada salahnya mencoba teknik ini, karena selain lebih mudah, juga gratis dan hasilnya menurut saya lumayan bagus.

Setelah menentukan produk apa yang hendak dijual, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah riset kata kunci atau keyword yang juga berguna sebagai dasar bagi kita dalam memilih nama atau domain dari website yang hendak kita gunakan. Ada cukup banyak tools atau software yang tersedia yang dapat kita gunakan, salah satunya dengan Google Traficc Estimator, dengan mengetikkan kata kunci utama dari produk kita, maka kita akan mendapatkan cukup banyak varian keyword turunan yang bisa kita pilih sebagai dasar acuan memilih nama domain. Saat kita masuk kedalam Google Traficc Estimator, kita akan diarahkan ke halaman utama, klik bagian "Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web atau kategori", lalu isi data-datanya (misalnya saya isi dengan keyword : Sprei) dan diakhiri dengan klik : "Dapatkan ide". Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Hasil penelusuran kata kunci per group
 Hasil tampilan penelusuran akan dikelompokkan sesuai group masing-masing, untuk melihat lebih detail hasil dari masing-masing group, sobat bisa klik pada tulisan yang berwarna biru, misalnya saya akan mengklik pada group "Sprei Online", maka tampilan yang akan muncul seperti di bawah ini.

Hasil penelusuran group kata kunci
Hasil penelusuran diatas, rata-rata menunjukkan tingkat persaingan yang cukup tinggi untuk kata kunci turunan dari sprei online, namun ada satu yang berkategori menengah dengan hasil pencarian yang cukup baik yaitu "sprei murah online". Nah, keyword inilah yang yang saya referensikan sebagai domain dari website yang hendak digunakan. Sobat bisa kumpulkan beberapa keyword dari berbagai group diatas dengan kategori tingkat persaingan "rendah - menengah" dan angka rata-rata untuk hasil penelusurannya cukup tinggi. Setelah sobat membuat daftar keyword terpilih, barulah sobat bisa menyeleksi dan mencobanya, apakah keyword tersebut sudah ada yang menggunakannya atau belum.

Jika sobat sudah menentukan keyword yang hendak dipilih, maka langkah selanjutnya adalah mencari penyedia jasa sewa domain dan hosting. Ada cukup banyak provider yang bisa sobat pilih, salah satunya adalah seperti yang saya gunakan pada website jualan sprei saya yaitu Vkios. Menurut saya layananya sangat baik dan memiliki banyak fitur-fitur unggulan yang memudahkan sobat untuk mengoptimalkan website menjadi lebih baik. Nah, sekian dulu tips dari saya untuk sesi riset kata kunci, semoga tulisan ini bermanfaat buat sobat yang hendak mulai membuka toko online. Salam sukses online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar