Jumat, 11 September 2015

Media Apa Saja Yang Bisa Dipakai Untuk Jualan online?

Problem yang seringkali dihadapi oleh calon pebisnis online adalah menentukan produk apa yang hendak dijual. Setelah berhasil menentukan produk yang hendak dijual, problem berikutnya adalah menentukan media apa yang hendak digunakan dalam memulai bisnis online. Pada artikel ini saya ingin menjelaskan media-media apa saja yang bisa kita gunakan untuk memulai bisnis online, khususnya perdagangan barang. Semuanya bisa punya pendapat masing-masing, namun ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, maka saya rekomendasikan berbagai media yang bisa sobat gunakan untuk memulai bisnis online. Saya akan menjelaskan juga bagaimana kelebihan dan kekurangan masing-masing media.


  • Blog
Blog bisa dibilang pioneer di dalam bisnis online, walaupun sebenarnya fungsi blog lebih banyak ke konten atau informasi kepada pengunjung, namun lambat laun fungsi blog mulai dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Dimulai dari menjual berbagai informasi penting seperti ebook, blog juga mulai dimanfaatkan untuk penawaran produk-produk dagangan pada umumnya. Secara umum, blog memiliki kelebihan yaitu lebih mudah terindex pada mesin pencari karena nilai dari konten yang dimilikinya, selain itu blog juga tergolong lebih interaktif dengan penggunanya dimana admin dan pengunjung bisa berkomunikasi secara langsung melalui kolom komentar yang disediakan. Namun juga blog memiliki kekurangan di dalam penataan user interfacenya yang sangat simple, kecuali sobat sudah tergolong mahir sehingga bisa mengedit dan menambahkan berbagai aplikasi tambahan yang membuat tampilan blog menjadi lebih menyenangkan bagi pengunjung.
  • Website
Contoh Tampilan Website
Website bisa dianggap sebagai penyempurnaan dari blog dan lebih difokuskan untuk penawaran suatu produk. Saat pertama kali masuk ke sebuah website, pengunjung akan langsung bisa mengetahui jenis produk apa yang bisa mereka temukan pada blog tersebut. Kelebihan dari website adalah kemudahannya untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan pemiliknya. Saat ini cukup banyak provider yang menyediakan jasa penyewaan hosting dan domain website dengan harga yang murah, salah satunya adalah Vkios.com yang menawarkan harga sewa mulai Rp. 500.000,-/tahun. 

Harga sewa tersebut tergolong cukup murah karena sobat akan mendapatkan cukup banyak benefit dari layanan mereka. Layanan purna jual yang baik, pelayanan yang cepat, tampilan web yang menarik karena tersedia cukup banyak template yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik. Selain itu benefit lainnya yaitu dengan adanya fitur SEO on page yang sedikit banyak akan membantu produk sobat untuk muncul di halaman depan pada hasil pencarian di mesin pencari seperti google, yahoo, dll. 

Kekurangan dari media website (dan juga blog) ini ada pada masalah trafik atau jumlah pengunjung. Bisa dibilang bahwa trafik adalah nyawanya sebuah blog ataupun website, sebagus dan secantik apapun kita mendesain sebuah website, namun jika tidak ada trafik maka semuanya akan sia-sia, karena semakin banyak trafik pengunjung yang masuk ke sebuah website maka semakin besar jugalah potensi untuk terjadinya suatu transaksi penjualan. Walaupun telah disematkan fitur SEO onpage namun hal tersebut tidak terlalu signifikan untuk mendapatkan jumlah pengunjung seperti yang diharapkan. Solusi untuk mendapat trafik bisa dilakukan dengan cara beriklan (yang tentunya membutuhkan anggaran yang cukup besar), dan juga mengerjakan SEO (Search Engine Optimization) yang bagi kebanyakan orang merupakan sesuatu yang sulit untuk dipahami dan juga dilakukan karena termasuk "investasi jangka panjang", dan juga pengerjaannya harus dilakukan terus menerus, serta hasil yang diperoleh biasanya tidak dapat dilihat dalam waktu singkat.
  • Sosial Media
Facebook Fanspage
Sosial media adalah salah satu media yang juga cukup populer karena pengelolaannya yang cukup simple dan mudah, selain itu interaksi dengan calon pembeli juga biasanya berlangsung cukup cepat. Ada berapa media yang umum digunakan yaitu facebook, twitter, instagram, atau bisa juga melalui group instant messaging seperti Whatsapp Messenger (WA), Blackberry Messenger (BBM), Line, dll.

Kekurangan pada media ini adalah pangsa pasar yang terbatas hanya pada orang-orang yang berada pada lingkaran yang kita miliki. Misalnya kita memiliki jumlah follower sejumlah 5000 orang maka orang-orang inilah yang menjadi calon pembeli kita (pasar yang sempit bukan?). Namun jangan kuatir karena kita juga bisa menjangkau orang-orang lain yang berada "diluar lingkaran" dengan cara beriklan, dan kembali lagi itu berarti sobat harus menyiapkan budget tambahan untuk iklan tersebut.
  • Marketplace
Tampilan Marketplace Lazada
Media yang satu ini bisa dianggap seperti Mall Online karena menjadi tempat berkumpulnya banyak penjual dan pembeli di dalam satu tempat, masih baru dan mulai booming sekitar 2 tahun terakhir, bisa dibilang media ini mencoba untuk meminimalisasi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada media sebelumnya. Ada beberapa marketplace (dan sejenisnya) yang cukup populer yaitu antara lain Lazada, Tokopedia, Elevenia, Bukalapak, Blanja, MatahariMall, Olx, dll. Setiap marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta kebijakan yang berbeda-beda.

Tampilan Marketplace Tokopedia
Kelebihan (pada umumnya) dari marketplace adalah pendaftaran gratis, untuk menjadi seorang seller (penjual) pada sebuah marketplace tidak dibutuhkan biaya, sobat hanya perlu mendaftar saja dan mulai berjualan, namun tentu mereka juga menawarkan sistem keanggotaan berbayar yang memberikan fasilitas lebih baik dibandingkan keanggotaan gratis. Namun ada juga marketplace yang menawarkan sitem "bagi hasil", dimana mereka akan mengambil sebesar presentase tertentu dari harga jual produk pada sellernya.

Kelebihan berikutnya adalah seller tidak perlu repot memikirkan trafik pengunjung, ataupun tehknik SEO terbaru karena untuk urusan mendatangkan trafik adalah menjadi tugas bagi pengelola marketplace tersebut, yang harus dilakukan oleh seller adalah bersiap mengelola order yang masuk sebaik dan secepat mungkin.

Demikianlah beberapa media yang bisa sobat gunakan untuk berjualan online, mungkin ada sobat yang ingin menambahkan boleh mengisi di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat buat sobat semuanya, dan jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan isi di kolom komentar, saya akan berusaha merespon secepatnya. salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar