Rabu, 16 September 2015

Tips Mencari Supplier - Hubungan Baik Jauh Lebih Berharga Daripada Harga Yang Murah

Yang namanya suatu bisnis perdagangan tentu melibatkan banyak pihak, baik itu supplier, pelanggan, maupun karyawan. Mayoritas orang saat berdagang, khususnya dalam hal penyediaan barang dagangan, berusaha sebisa mungkin mendapatkan harga yang termurah, dan bahkan terkadang dengan cara membanding-bandingkan antara satu supplier dengan supplier lainnya dengan tujuan untuk menekan harga kepada supplier. STOOOP....

Prinsip mencari harga murah memang baik karena akan berpengaruh terhadap harga jual, namun akan lebih bijaksana jika dalam mencari supplier juga mempertimbangkan suatu hubungan baik. Terkadang kita bisa sedikit "merelakan" selisih harga yang mungkin timbul demi menjaga hubungan yang lebih baik dengan supplier, anggap saja sebagai ucapan terima kasih karena telah disupport pengadaan barang selama ini. Seiring berjalannya waktu, usaha kita akan semakin berkembang, dan tentunya permodalan juga akan semakin baik. Bisa jadi pada saat tersebut kita sudah bisa mengambil langsung barang dari supplier yang lebih besar dan harga yang lebih murah, dan seringkali kita kemudian lupa akan "jasa-jasa" supplier kita terdahulu yang telah ikut membantu membesarkan usaha kita, dan mulai berpaling ke supplier lain.

Disinilah hukum tabur tuai akan terjadi, jika kita menabur kesetiaan maka percayalah bahwa pelanggan kitapun akan setia pada kita. Seperti saya sendiri, dalam posisi yang lebih baik sekarangpun saya memilih untuk tetap melanjutkan hubungan baik dengan supplier lama, walaupun saya sendiri bisa mendapatkan supplier yang lebih besar dan harga yang lebih murah, tapi bagi saya hubungan baik harus tetap dijaga, walau mungkin intensitas pengambilan barang tidak sebesar semula. Dan saya percaya bahwa keputusan yang saya ambil inilah yang mampu membuat bisnis saya berkembang seperti sekarang. Jadi buat sobat semua mudah-mudahan bisa jadi bahan pertimbangan, bahwa hubungan baik jauh lebih berharga daripada selisih harga yang tidak seberapa. Dan saya percaya untuk kedepannya kita bisa mendapatkan hubungan yang baik dengan semua pihak dan juga harga yang terbaik. Salam Sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar