Kamis, 10 September 2015

Ini Sebabnya Mengapa Internet Begitu Penting Bagi Pebisnis

Saya masih ingat masa anak-anak saya dulu, yaitu sekitar 20-an tahun yang lalu, masyarakat masih belum mengenal internet, semua masih dilakukan secara manual, termasuk juga dalam hal berbisnis. Orang-orang pada jaman tersebut masih memasarkan produknya secara manual, seperti membuka toko, mengisi stock barang dagangannya sebanyak dan selengkap mungkin untuk menarik pembeli, melakukan promosi melalui brosur-brosur dan bahkan iklan di berbagai media cetak. Metode ini masih cukup baik dan bisa digunakan hingga saat ini, namun yang menjadi kendala adalah metode ini membutuhkan modal dalam jumlah yang tidak sedikit sehingga membuat banyak orang berpikir-pikir ulang untuk memulai bisnisnya. 

Namun seiring dengan perkembangan jaman yang begitu pesat, internet bukan lagi menjadi "barang mewah" bagi masyarakat Indonesia. Dimulai sejak sekitar tahun 2005-2010, internet mengalami lonjakan besar, khususnya di dalam perputaran transaksi online, dan peningkatan terus terjadi dengan sangat pesat setiap tahunnya. Hal ini didukung oleh semakin murahnya paket data internet yang ditawarkan oleh berbagai provider, semakin banyaknya titik-titik lokasi internet gratis di berbagai lokasi, serta semakin banyaknya gadget yang dapat digunakan untuk ber-online ria sehingga sangat memudahkan orang setiap untuk mengakses internet dimana saja, karena bisa dibilang saat ini internet sudah ada di dalam genggaman tangan.

Lalu, apa sih kelebihan internet sehingga dianggap begitu penting bagi dunia bisnis?
  • Internet menawarkan pangsa pasar yang begitu besar
Jika pebisnis hanya memiliki toko offline, semisal ia memiliki sebuah toko di kota Yogyakarta, maka pangsa pasar yang ia miliki terbatas hanya pada area penduduk di kota tersebut, misalnya populasi penduduk di kota Yogyakarta sebanyak 5 juta jiwa, maka jumlah itulah yang akan menjadi pasar potensial bagi bisnisnya. Internet menawarkan sesuatu yang berbeda, dengan bantuan teknologi internet, pebisnis bisa menjangkau pangsa pasar yang jauh lebih luas karena pasarnya bisa menjangkau seluruh pelosok negeri, yang artinya adalah seluruh penduduk Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dan bahkan jika produk yang kita pasarkan memiliki kategori export maka pangsa pasar yang kita miliki pun bisa menjangkau seluruh dunia.
  • Buka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu
Kalau di dunia offline, biasanya orang akan membuka tokonya mulai jam 8 pagi hingga pukul 6 sore, dan kalau mau juga bisa hingga pukul 9 malam, dan tentu harus dijaga dan ditunggu setiap saat. Jika pemilik sedang berhalangan dan toko harus tutup, artinya tidak ada penjualan dan juga keuntungan. Namun dengan adanya toko online bisa menjembatani permasalahan tersebut, karena toko online selalu buka 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, tidak ada liburnya sama sekali. Calon pembeli bisa datang mengunjungi toko online kita di hari Minggu atau libur dan bahkan pada jam 2 dini hari disaat kita sedang tidurpun toko tetap bisa melayani calon pembeli.
  • Biaya yang murah dan modal yang minim
Pada jaman dahulu, saat semua masih tradisional, orang yang ingin berjualan akan mencari lokasi yang strategis untuk memulai bisnisnya. Jika sudah memiliki tempat sendiri mungkin tidak terlalu masalah, tetapi jika harus menyewa tempat, tentunya biaya untuk membayar harga sewa pertahunnya saja sudah sangat tinggi, itu belum lagi anggaran yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan toko, seperti rak, meja, kursi, dll. Dan tentu saja biaya terbesar ada pada pengadaan barang dagangan, semakin banyak barang yang kita miliki tentu semakin baik, karena pembeli yang datang akan melihat langsung stock barang yang kita miliki. Jika stock yang kita miliki hanya sedikit, tentu pembeli akan memiliki keraguan untuk kembali berbelanja di toko kita karena terbatasnya pilihan produk yang dapat mereka beli. Sedangkan di dunia online, investasi yang dibutuhkan bisa dibilang sangat minim sekali, pebisnis bisa memulai bisnisnya hanya dengan membayar sewa domain dan hosting dengan sangat murah, sekitar 300-500ribu pertahun, dan bahkan bisa menggunakan fasilitas blog gratisan. Selain itu transaksi online tidak membuat kita harus bertemu dan bertatap muka langsung dengan calon pembeli, sehingga mereka tidak mengetahui kelengkapan stock barang yang kita miliki.
  • Pebisnis kecil memiliki kesempatan yang sama dengan pebisnis besar
Jika kita berposisi sebagai calon pembeli, dan misalnya kita ingin berbelanja sprei secara langsung ke sebuah toko, kita memiliki pilihan 2 buah toko, yaitu toko kecil dengan stock sedikit dan toko besar dengan stock barang dagangan melimpah, kira-kira toko mana yang akan kita datangi? jawabannya tentu toko yang besar, bukan? Yup, saya yakin 100% jawaban kita sama, kecuali kita kenal terhadap pemilik toko kecil tersebut hehehe....Ini artinya bahwa toko besar memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembeli lebih baik daripada toko kecil. Namun, jangan kuatir, di dalam bisnis online semuanya memiliki kesempatan yang sama besarnya, baik itu pebisnis dengan modal milyaran maupun pebisnis dengan modal dengkul, karena yang dibutuhkan adalah keterampilan untuk membuat tampilan website toko online menjadi semenarik mungkin. Pebisnis dengan modal minim bisa mengakalinya dengan hanya "memajang" foto dari produk yang hendak dijual, jika kemudian terjadi transaksi pembelian, maka penjual bisa langsung mengambil dari suppliernya dan mengirimkan kepada pembeli, dan mengambil selisih harganya sebagai keuntungan langsung. 
  • Mengikuti perkembangan tekhnologi

Pebisnis modern mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi, jika tidak maka tentunya akan kalah bersaing dengan para kompetitornya. Jika diibaratkan saat ini, internet ibaratnya senjata perang yang teramat sangat canggih seperti pesawat tempur, tank, bom nuklir, dll. Jika senjata yang kita pakai hanya bambu runcing, tombak dan panah, maka kita hanya tinggal menunggu waktu kekalahan telah terhadap para kompetitor kita.

Demikian sebagian pemaparan saya mengenai pentingnya bisnis online saat ini. Semua yang saya tulis adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri dan hasil melihat perubahan kondisi yang terjadi. Semua yang saya tulis mungkin tidak sesuai dengan teori-teori Internet Marketing karena saya bukan ahlinya, saya hanya telah mempraktekkannya. Jika sobat netter berkenan, silakan share atau memberi masukan, kritis dan saran pada kolom komentar. Makasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar